Kisah Usuluddin Buka Bisnis Kopi Modal Nekat, Kini Beromset Rp 200 Juta

Dengan bantuan listrik, proses menggiling biji kopi akan lebih mudah dan efisien. Ada alat kopi yang praktis dan mudah digunakan seperti french press yang merupakan alat kopi yang pas dan tepat. Kapasitasnya yaitu dapat menghasilkan kopi hitam lebih dari four gelas dalam waktu four menit. Selain itu anda bisa memanfaatkan french press untuk membuat berbagai jenis minuman lainnya seperti teh.

Membuka coffe shop

Hampir semua kalangan masyarakat mulai dari kelas bawah sampai atas, tua maupun muda, sangat menyukai kopi. Namun, Anda pun harus memberikan kualitas rasa kopi yang nikmat serta melengkapinya dengan berbagai fasilitas yang nyaman. Meski konsumsinya terbilang rendah, membuka usaha kedai kopi masih menjanjikan kok, apalagi di perkotaan. Kopi sudah menjadi minuman populer dan bagian dari gaya hidup penikmatnya, jadi ada potensi besar untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis kopi. Bagi sebagian besar orang, menyeruput kopi di pagi hari adalah hal yang wajib dilakukan.

Sementara kopi-kopi artisan dengan teknik menyeduh tingkat tinggi, akan lebih pas disajikan untuk kalangan eksekutif muda hingga pebisnis. Orang-orang tua, lebih suka menikmati kopi dengan cara lama dan teknik penyeduhan tradisional. Sebaiknya Anda benar-benar mempelajari setiap alat pembuat kopi mulai dari syphon, kalita wave, french press, moka pot hingga hario 60. Karena setiap alat pembuat kopi memiliki bentuk, cara dan lama waktu pembuatan yang berbeda, untuk menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Anda juga tidak perlu memiliki seluruh alat pembuat kopi tersebut, beberapa saja sudah cukup untuk memulai buka usaha kedai kopi. Tapi saya meracik komposisinya sedemikian rupa agar menghasilkan cita rasa berbeda.

Jika Anda belum mampu membeli espresso maker yang bisa membuat kopi dalam jumlah besar, cobalah untuk membuat kafe kecil yang menggunakan peralatan guide. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi. Meski begitu, lokasi juga mempengaruhi harga sewa yang harus dibayarkan dan banyaknya goal pasar yang bisa didapatkan.

Agar kedai kopi bisa bertahan, menurut Arief butuh keterlibatan pemilik. Entah pemilik ada di kedai kopi hanya untuk memantau, membantu membuatkan kopi atau lainnya. Hal ini membuat suatu merek mempunyai jiwa, sehingga mereka bisa lebih adaptasi dengan permintaan pasar.