Kisah Samekto Gumelar Kenalkan Ragam Kopi Hingga Menjadi Coffee Roaster Pertama Di Kota Madiun

Untuk itu sangat disarankan kamu memiliki tabungan yang cukup menghidupi kamu sampai enam bulan ke depan. Karena kamu pasti tidak mau hidupmu terganggu secara finansial gara-gara bisnis ini belum menghasilkan. Pegawai di sini mencakup koki, barista, maupun kasir yang handal. Tentunya seluruh pemilik usaha ingin sekali mencari pegawai yang jujur, rajin, dan cekatan. Disarankan agar anda dapat selektif memilih pegawai yang akan bekerja di Coffee shopanda, sehingga mereka dapat berjalan beriringan dengan visi dan misi anda.

Hal ini meminimalkan biaya tenaga kerja Anda dan memungkinkan Anda untuk menangani periode sibuk yang lebih baik seperti sarapan dan makan siang. Saat membuka coffee shop, pertimbangkan bahwa peminum kopi dan penikmat kudapan menginginkan lebih dari satu kopi dan cemilan biasa. Menurut sebuah studi oleh Asosiasi Kopi Nasional Amerika, pada tahun 2018, lebih dari 60% minuman kopi yang dijual adalah dari varietas khusus, dan persentase itu telah meningkat sejak 2010. Membuka espresso store bisa sangat menguntungkan jika Anda melakukannya dengan benar, terutama di daerah yang memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak dan produktif seperti kota Makassar.

Membuka coffe shop

Kamu harus bisa bersikap proaktif dalam menghadapi setiap tantangan yang muncul agar dapat menjadi pembelajaran dan pengelolaan bisnis kamu sendiri. Untuk melakukan hal ini, kamu harus terjun dan belajar secara langsung tentang cara melakukan pemasaran, promosi, dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan penjualan coffee shop kamu. Dengan begitu kamu bisa tahu letak kekurangan bisnis kedai kopi yang sedang kamu kelola. Untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas, Anda harus melakukan promosi bisnis. Selain promosi bisnis, Anda juga harus terus berinovasi untuk terus mempertahankan eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis.

Banyak orang berduit menganggap bahwa cukup sediakan modal maka kedai kopi siap beroperasi. Membuka usaha cafe merupakan hal yang menarik bagi kaum pemula maupun orang dewasa yang sudah berpengalaman. Jika tidak diperhitungkan dengan seksama termasuk trafik atau jumlah konsumen yang datang tentunya sangat beresiko jika menjual secangkir kopi atau minuman lainnya dengan harga dibawah harga pada umumnya.

Tidak heran jika dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, jumlah usaha kedai kopi meningkat jumlahnya menjadi dua kali lipat. Menurut Tuti, minat anak muda atau kaum milenial dalam membuka bisnis kopi masih akan meningkat pesat pada tahun ini. Padahal, membuka coffee shop atau warung kopi juga bisa, loh dilakukan dengan modal minimal. Buktinya, kamu bisa loh buka bisnis espresso store modal di bawah Rp20 juta! Yuk, langsung saja simak apa saja yang didapatkan dari modal Rp20 juta, untuk mendirikan bisnis kafe. Di sini para pengunjung dan investor dapat saling mingle, ataupun juga berkomunikasi langsung dengan para petani atau pemilik kebun kopi, demo sangrai kopi, dan menyaksikan langsung buyer’s cupping.

Tidak hanya itu saja, media sosial juga menjadi sarana tepat untuk mengambil keputusan untuk kedai kopi atau menginformasikan hal-hal menarik kepada pelanggan. Di sinilah bulan-bulan awal harus dimanfaatkan untuk menganalisa bagaimana membentuk pasar kedai kopi milik kita, apakah dengan pemasaran di media sosial, atau menggunakan pemasaran konvensional lainnya. Bahkan, di bulan-bulan awal ini, jika ada pengunjung yang datang, mintalah evaluation apa yang kurang dari kedai kopi milik kita. Tentunya evaluate dari pengunjung yang datang, menjadi tolak ukur untuk mengembangkan kedai kopi kecil ini.