Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak

Kemerdekaan Indonesia yang kita rasakan saat ini, tentunya tidak terlepas dari peran penting dan jasa para pahlawan Indonesia yang berjuang keras melawan penjajah. Kartini dikenal akan sosok kecerdasan yang dimilikinya dan semangat belajar yang sangat tinggi. Kartini muda juga senang sekali membaca buku untuk menambah wawasannya.

Dengan melihat potensinya, pemerintah Jepang mengangkatnya menjadi kepala Detasemen Polisi. Ketika pemerintah pendudukan Jepang membentuk PETA , Gatot pun mendaftarkan diri. Ia diangkat menjadi anggota BPUPKI dan menjadi anggota Panitia Sembilan. Sejak Proklamasi ia aktif dalam bidang diplomasi sebagai Menteri Luar Negeri. Douwes Dekker dibuang ke Belanda karena menentang perayaan one hundred tahun Belanda merdeka dari Prancis di Hindia Belanda. Di Belanda, ia belajar ilmu ekonomi sambil bergambung dengan Indiesche Vereeniging .

Begitupun ketika PPKI dibentuk, Soebardjo menjadi salah satu anggotanya. Sutomo berhasil membangun pemancar radio sendiri, yakni Radio Pemberontakan yang berperan penting dalam pertempuran di Surabaya. Pada bulan Mei 1945, ia diangkat menjadi anggota BPUPKI yang bertugas menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembentukan negara. Abdul Halim juga mencurahkan perhatian untuk memajukan Pendidikan dengan mendirikan Santi Asmoro pada tahun 1932.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Karena kita ketahui bahwa dizaman dahulu, pendidikan bagi perempuan ataupun kaum pribumi adalah hal yang sangat tabu dan sangat susah untuk dicapai. Dalam interaksinya dengan masyarakat sekitar, akhirnya Syekh Nurjati menikah dengan Hadijah. Hadijah adalah cucu Haji Purwa Galuh , janda dari seorang saudagar kaya raya yang berasal dari Hadramaut. Dengan pria tersebut Hadijah tidak dikaruniai putra, namun setelah pria tersebut meninggal dunia, Hadijah memperoleh seluruh harta warisan dari suaminya. Setelah suaminya meninggal dunia, Hadijah bersama kedua orang tuanya pulang ke Kerajaan Galuh dan menetap di Dukuh Pesambangan. Harta warisan tersebut digunakan Hadijah bersama suami barunya, yaitu Syekh Nurjati untuk membangun sebuah pondok pesantren yang bernama Pesambangan Jati.

Layaknya pejuang yang bertempur hingga titik darah penghabisan di medan perang, kamu juga harus memiliki psychological baja untuk menjadi pejuang tangguh. Selain perjuangannya untuk membuat Indonesia merdeka, Soekarno juga seorang orator andal yang piawai dalam memberi semangat bagi rakyat. Tokoh proklamator ini juga merupakan penggagas Pancasila dan Presiden pertama Indonesia.

Setelah keluar dari dunia politik di tahun 1960, Abdul Rahman Baswedan mengalihkan perjuangannya ke dalam dunia pendidikan, dakwah, dan budaya. Depati Amir berhasil mempersatukan etnis china dan pribumi dalam perang melawan Belanda yang berniat menguasai pertambangan berupa timah di Bangka. Sesudah perang kemerdekaan berakhir Ki Bagus menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat mewakii Masyumi. Ia mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap gagasan kemerdekaan dari para tokoh Sarekat Islam dan mendirikan Sarekat Islam cabang Mekah. Ia menyebarkan gagasan kemerdekaan yang diperolehnya di Taswirul Afkar.

Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Soedirman pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Ia ditugaskan untuk mengawasi proses penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas, yang dilakukannya setelah mendirikan divisi lokal Badan Keamanan Rakyat. Dengan Tegas Menolak Ultimatum Inggris dan memerintahkan rakyat Surabaya berperang melawan Inggris yang diboncengi Belanda, dan terkenal sebagai Pertempuran 10 November 1945, selanjutnya diperingati sebagai Hari Pahlawan RI.

Di kampung-kampung, para pemuda membaca sajak “Krawang-Bekasi” dari Chairil Anwar. Dapat pula kita membaca novel “Di Tepi Kali Bekasi” dari Pramoedya Ananta Toer. Mohandas Karamchand Gandhi,Seorang laki-laki tanpa kekayaan, tanpa barang-barang berharga. sungguh betapa luar biasa prinsip hidup dan perjuangan Gandhi yang mampu menyatukan orang India dari berbagai kasta dan agama dengan konsep “satyagraha”, perlawanan tanpa kekerasan dengan keredahan hati. “Tidak semua orang bisa merasa aman di ‘rumah’ sendiri” adalah judul sekaligus pesan yang ingin Rizka sampaikan melalui karyanya untuk #COVID19Diaries.

Banyak hal yang positif dalam kandungan Pancasila yang berfungsi untuk menciptakan keamanan dan ketertiban ngara. salah satu contohnya adalah menghargai hak setiap warga negara untuk bermusyawarah mufakat yang dilakukan tanpa adanya tekanan, paksaan ataupun intervensi. Sebagai pelajar memang sudah semestinya belajar dengan tekun, agar cita-cita kita dapat tercapai dan dapat menharumkan nama bangsa Indonesia. Untuk membawa Indonesia ke kemerdekaan yang sesungguhnya, pendidikan menjadi nomor satu.

Jadi sekarang ini kita harus berani “menonjolkan diri” di tengah-tengah lautan manusia yang sangat heterogen. Satu modal utama yang harus dimiliki untuk menonjolkan diri kita, yaitu prestasi. Untuk mengenang siapa saja dari nama pahlawan nasional dan asalnya. Integritas adalah bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi dan etika kerja, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya. Orang yang memiliki integritas tinggi mampu menghadapi setiap godaan yang akan merusak integritasnya.