Four Cara Nyata Yang Bisa Dilakukan Generasi Z Untuk Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan

Sutan Sjahrir dinobatkan sebagai pahlawan nasional Indonesia pada 1966. Kepandaiannya dalam berdiplomasi di kancah internasional berperan penting dalam mendesak Belanda untuk mengakui kedaulatan Indonesia. Jadilah pahlawan dengan meniru semangat juang para pahlawan kita yang telah gugur dengan berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia. Bangsa ini membutuhkan banyak pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai. Indonesia sebagai bangsa dan negara yang sangat luas dari segi wilayah dengan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang cukup banyak, tentu memiliki banyak kesamaan dan banyak perbedaan.

Perang Diponegoro tercatat sebagai perang dengan korban paling banyak jumlahnya selama sejarah Indonesia. Pengharagaan atas jasa Diponegoro melalui pemakaian namanya sebagai nama salah satu universitas negeri di Semarang, yaitu Universitas Diponegoro . Sekarang banyak local heroes, komunitas maupun organisasi non revenue yang sudah bergerak memberikan solusi bagi isu sosial di Indonesia, mulai dari pendidikan, lingkungan hingga kemanusiaan. Kamu bisa ikut serta menjadi relawan dalam kegiatan sosial yang ada di daerahmu san sesuai dengan minatmu. Mulai dari mengajar anak-anak kurang mampu, menjadi pendamping untuk orang dengan masalah kejiwaan, hingga aksi sapu pantai. Jadi relawan Kejar Mimpi saat kegiatan Goes To School yuk di daerah yang kita akan tuju.

Perjuangannya memberikan banyak inspirasi kepada rakyat Bali untuk melakukan perang puputan selanjutnya, seperti yang dilakukan oleh pasukan I Gusti Ngurah Rai dalam Puputan Margarana melawan pasukan Belanda pada bulan November 1946. Tahun 1945 ia membentuk Laskar Rakyat dan bekerja sama dengan TKR Bekasii dan Jatinegara untuk memobilisasi pemuda dna santri ikut latihan kemiliteran di Teluk Pucung. Setelah Agresi I Belanda, ia kembali ke Bekasi dan mendirikan organisasii dengan nama Markas Pusat Hizbullah Sabilillah di Tanjung Karekok Cikampek. Setelah perjanjiann Renville pasukannya hijrah ke Banten, dan ia sempat ditangkap Belanda namun berhasil meloloskan diri. Tahun 1836 ia kembali ke tanah air dan menjadi ustad di pondok peantren Kaluwungu, Tahun 1823 dikucilkan dan ditempatkan di kalisalak, Batang, Jawa Tengah. Di Kalisalak ia dengan nyaman melaksanakan pengajaran dan mengkader santrinya dengan mendirikan pesantren sendiri.

Tidak bermuka dua, artinya mengatakan satu hal kepada seseorang, lalu mengatakan hal yang bertolak belakang dengan apa yang dikatakan itu kepada orang lain. Cara ini adalah dengan mengucapkan dan melakukan apa yang diyakini benar. Jadi, jika kita melakukan pekerjaan secara tidak jujur, artinya kita tidak memiliki integritas. Tidak bergosip adalah salah satu cara mudah untuk menjaga integritas.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Meskipun demikian, Sultan Agung tetap menolak bekerja sama dengan VOC. Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, ia menghimpun kekuatan para pemuda untuk melakukan usaha-usaha merebut kantor-kantor pemerintahan dari tangan Jepang. Pada waktu Proklamasi Kemerdekaan bersama dengan pemuda-pemuda lain turut serta dalam pengambilalihan kantor-kantor pemerintah dari tangan Jepang. Ia memimpin sekelompok pemuda untuk menyerbu kantor Jawatan Kereta Api, menurunkan Bendera Jepang di kantor tersebut dan menaikkan bendera Merah Putih. Usahanya dalam pendidikan telah menyebabkan rakyat di pedesaan mengenal PERMI dengan Rasuna Said nya. Kustiyah mewarisi darah juang dan kepahlawanan dari ayah dan leluhirnya.