Belajar Saling Menghormati Dan Menghargai

SALAH satu sikap penting yang harus ditanamkan dalam diri setiap Muslim adalah sikap menghormati dan menghargai orang lain. Menghormati dan menghargai orang lain merupakan salah satu upaya untuk menghormati dan menghargai diri sendiri. Bagaimana orang lan mau menghormati dan menghargai diri kita, jika kita tidak mau menghormati dan menghargainya. Cara mengormati dan menghargai orang lain pun berbeda tergantung dalam keberagaman masing-masing. Berkaitan dengan poin 2, tidak selamanya Anda dapat ikut campur dalam hidup orang lain terutama privasinya.

Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone. ” Kehidupan ini bukan hanya tentang memiliki, tetapi tentang menghargai dan bersyukur atas yang sudah kita miliki.” Kemudian Diadona juga menghadirkan kumpulan kata-kata menghargai perasaan wanita yang bisa kamu jadikan sebagai renungan. Kamu bisa belajar untuk menghargai perasaan wanita dengan kata-kata menfhargai perasaan wanita berikut ini.

Ingat, rasa cinta pada anak itu diajarkan, bukan sebuah “bakat alami”. Sebagai orang tua, kita bertanggung jawab untuk mengajarkan pada anak pentingnya mencintai diri sendiri. Berarti sebagai orang tua harus mencintai hidup kita terlebih dahulu. Tenggang rasa merupakan sikap seseorang yang mampu menghargai dan menghormati orang lain baik secara lisan maupun perbuatan. Agar keberagaman dalam masyarakat tidak menjadi faktor penyebab terjadinya benturan dan perpecahan yang berujung pada sebuah konflik, maka dibutuhkan sikap toleransi, saling menghargai, dan menghormati. Menghargai orang lain bisa dimulai dari hal-hal kecil kok, misalnya kamu menghargai pekerjaan yang telah diselesaikan oleh teman kamu, menghargai kalau dia bisa datang tepat waktu.

“Menghargai adalah di saat kita bisa menghormati pendapat orang lain meskipun tidak setuju dengan pendapat mereka.” “Bersaing dengan sahabat itu wajar, tetapi harus tetap saling menghormati, menghargai, dan mendukung, bukan saling menjatuhkan.” Kamu tentu saja perlu tahu beberapa tanda dibawah ini untuk memahami apakah diri kita sudah benar – benar menghargai orang lain. Walau sedang marah, kamu bisa mengalihkan rasa marah terlebih dahulu sebelum melakukan pembicaraan. Apakah kamu salah satu orang yang sering telat saat ada janji dengan teman?

Menghargai orang

Kata bijak menghargai orang lain mungkin bisa membantu kamu untuk jadi lebih tenang dan damai dengan diri sendiri. Apalagi jika selama ini kamu telah mendapat banyak bantuan dan pertolongan dari orang-orang di sekelilingmu. Bukan hal yang aneh jika kita sering merasa kesulitan dalam menerima pendapat orang lain, apalagi jika pendapatnya sangat bertolak belakang dengan pendapat kita.

Bentuk riilnya adalah kemampuan berinteraksi dengan berbagai kalangan. Ini merupakan keterampilan sosial yang berperan penting mendorong anak untuk berempati, bekerja sama, dan saling menghormati. Semua kemampuan tadi akan sangat diperlukan saat si kecil remaja, dewasa, ketika ia bersekolah, masuk dalam dunia kerja dan lingkungan sosial.

Janet Lehman, MSW , pencipta The Total Transformation® Program mengingatkan Moms & Dads bahwa si kecil adalah anak, bukan teman. Tugas Moms & Dads untuk mengajarinya agar berfungsi dalam kehidupan dan untuk dunia. Ini berarti dia harus bisa menghargai orang lain, bukan hanya Moms & Dads sebagai orangtuanya. MENGHARGAI orang lain merupakan sikap yang harus dilakukan oleh seluruh manusia di muka bumi. Apresiasi terhadap sesuatu yang dilakukan orang lain juga merupakan maksud dari menghargai orang lain. Tetapi manusia tidak dihargai dengan nominal beribu angka seperti mobil atau rumah, dan benda mati lainnya.

Sikap toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi,atau membeda bedakan seseorang. Walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat. Tenggang rasa adalah suatu sikap hidup dalam ucapan, perbuatan, dan tingkah laku yang mencerminkan sikap menghargai dan menghormati orang lain. Artinya tenggang rasa merupakan sikap yang mencerminkan menghargai dan menghormati orang lain melalui ucapan, perbuatan, dan tinggah laku. Sebagai orangtua, Anda biasanya menjadi model utama bagi si kecil.

Bahkan, melupakan bahwa kita juga harus menjadi pendengar yang baik. Terutama saat orang lain mengemukakan pendapat, dan menceritakan masalahnya pada kita. Tidak ada salahnya memberikan penghargaan saat ia melakukan hal yang baik.

Untuk para wanita yang biasanya senang membicarakan keburukan orang lain, sebaiknya hal tersebut harus segera dihentikan. Ketika kamu ingin membicarakan atau bergosip tentang orang lain, anggaplah bahwa seseorang yang ingin kamu bicarakan sedang berada bersamamu. Kamu perlu menghargai orang lain bahkan jika kamu tidak menyukainya. Ketika kamu mendengar perintah “rawat dirimu”, maka, kamu harus merawat dirimu nggak hanya fisiknya saja melainkan kamu pun harus merawat mentalmu. Kesehatan psychological merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik, lho.