5 Ideas Memulai Bisnis Baru

Langkah pertama yang dia lakukan setelah mulai usaha adalah membuat web site perusahaan untuk mempromosikan usaha dia. Saat bisnis sedang sulit, biasanya cash circulate rumah tangga kena imbasnya. Yang dulunya bisa ke mall setiap minggu, atau berlibur ke setahun dua kali, sekarang harus dikurangi, atau bahkan dihapuskan sama sekali demi berhemat untuk keuangan usaha.

Setelah Anda melakukan evaluasi, maka pergunakan hasilnya untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Jangan ragu untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik lagi karena tidak ada perusahaan yang puas pada satu produk saja. Baca juga kisah Hoghock yang sukses membuka cabang baru berkat pinjaman dana melalui Moka Capital.

Memulai Bisnis

Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memilikinetworkingyang luas. Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Memulai membangun bisnis sendiri terdengar seperti ide yang cukup bagus.

Memanfaatkan Selebgram atau orang yang memiliki followers banyak seperti artis atau model untuk membantu memasarkan produk Anda dengan cara Endorse. dan laris manis tanpa perlu ada situs resmi, tetapi menurut saya itu bukan strategi yang berkelanjutan dan tidak akan membangun model Anda di dunia on-line dengan kuat. Alhasil, tanpa diduga, dia banyak menerima order, yang saat dicek, ternyata konsumen tahu dari web site perusahaan yang dia buat. Konsumen bilang bahwa di bidang jasa tersebut jarang perusahaan yang punya website. Awalnya, dia bingung karena ingin promosi tetapi price range terbatas. Kemudian setelah melakukan riset dan tanya sana sini, dia menemukan bahwa cara promosi efektif yang free of charge adalah membuat website untuk menunjukkan eksistensi jasa yang ditawarkan.

Untuk memulai dan menjalankan suatu usaha, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan semua lininya. Jadi apabila tidak berdasarkan kecintaan, maka seluruh waktu yang Anda habiskan untuk membangun usaha dari nol akan terasa seperti beban yang berat. Sarah LaFleur, pemilik brand MM.LaFleur berkata bahwa ia sempat gagal ketika pertama kali membangun bisnisnya di tahun 2013. “Saya kemudian mengubah model bisnis saya dari e-commerce menjadi butik pakaian,” ujarnya. Enam bulan kemudian, ia sukses membuat bisnisnya sukses di pasaran. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, besaran kredit yang diberikan kepada UMKM angkanya selalu meningkat setiap tahun.

Sebanyak apapun aset yang Anda miliki tidak akan cukup tanpa adanya uang tunai. Gunanya agar Anda tepat waktu membayar gaji, mudah dalam mengambil keputusan, serta tidak perlu menunggu lama untuk membeli perlengkapan usaha. Dalam berbisnis, konsumen merupakan goal penting yang harus dibidik. Apabila dalam meraih pelanggan masih dalam titik lemah, dapat dikatakan bahwa bisnis memerlukan effort lebih untuk dikembangkan. Mulai dari mengatur bagaimana bisnis berjalan, mengelola pelanggan, karyawan, pengeluaran, dan lain sebagainya.

Rencanakan seluruh perkiraan terhadap penjualan, anggaran, dan hal lain terkait dana yang dibutuhkan. Anda juga harus punya rencana alternatif apabila rencana keuangan pertama gagal. Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Kelas ini sangat cocok untuk Anda yang punya keinginan untuk memulai bisnis sendiri, khususnya pada bisnis makanan namun masih ragu-ragu dan bingung apa yang harus dilakukan. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial. Entrepreneur Camp merupakan portal para pebisnis untuk mempelajari bagaimana cara mengembangkan bisnis, berbagi ide berbisnis, dan menggunakan produk/layanan demi meningkatkan penjualan.

Bisnis waralaba juga dapat mengurangi risiko kerugian karena ada mentor bisnis yang akan membantu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Anda juga tidak perlu lagi khawatir dalam memasarkan merek karena pemilik waralaba akan membantu Anda dalam kegiatan pemasaran/branding. Atau, Anda bisa memilih bisnis waralaba dengan model yang sudah banyak dikenal orang sehingga produk yang Anda jual mudah laku. Tentu saja saat memulai sebuah bisnis, pasti Anda ingin mendapatkan penghasilan.

Jika kamu memiliki aset seperti properti, tanah, kendaraan bermotor, logam mulia atau investasi lain; jual atau gadaikan sebagian untuk digunakan sebagai modal usaha. Perlu diingat bahwa aset yang dijual bukan yang ditempati atau masih digunakan. Misalnya rumah yang masih ditempati jangan sampai digadaikan atau dijual. Keuntungannya, kamu akan mendapatkan dana segar dalam jumlah besar. Namun, jika usahamu tidak berjalan lancar, kamu akan kehilangan aset.