10 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis

Dipastikan laku, terutama kalau warteg sudah buka sejak pagi. Menanggapi hal ini, Ketua BEC Universitas BSI Kampus Pontianak, Nurmalasari mengatakan menjadi mahasiswa yang mandiri itu penting. Salah satu caranya adalah mahasiswa harus berbisnis agar jadi wirausaha, dengan memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada, serta melakukan inovasi produk usaha, itu akan tercipta. Dengan sistem on-line, maka bisa jauh lebih mudah untuk diikuti oleh setiap pesertanya. JAKARTA, KOMPAS.TV – Berkebun dengan metode hidroponik ternyata tidak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan sayur bagi keluarga, namun juga dapat dijadikan ladang bisnis.

Freebuddies malah akan sangat berterimakasih karena bisa mengumpulkan modal sedikit demi sedikit tanpa harus mengajukan hutang demi membuat suatu usaha baru. Apalah arti langkah-langkah diatas tanpa anda segera melakukan action terhadap ide anda tersebut. Jadi anda harus segera motion, karena kesempatan tidak datang dua kali. Cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan produk yang banyak dicari tersebut. Termasuk untuk mendapatkan suplier yang bisa memberi harga termurah. Orang itu mungkin mau bekerja hanya karena faktor uang dan tidak mencintai maupun menguasai pekerjaannya.

Pilihan lainnya adalah kamu bisa membuka bisnis hijab dengan model sendiri. Dengan leluasa, kamu bisa mendesain motif hijab supaya produkmu memiliki ciri khas dan tentunya berbeda dari yang lain. Dalam hal ini, jika tidak memungkinkan untuk menjahit sendiri, maka carilah jasa konfeksi hijab atau maklon. Kamu harus siap untuk menerima kegagalan dalam menerapkan langkah-langkah dalam berbisnis. Oleh karena itu, kamu dituntut untuk belajar sambil membangun usaha.

Apa yang membuat Apple bisa sukses dengan iPod dan iPhone-nya? Mereka bisa membangun pasar baru yang belum dipikirkan orang lain, mereka membuat inovasi baru, mereka mencari celah2 dimana konsumen belum puas dengan produk yang ada. Mereka membangun kekuatan merek dan loyalitas pelanggan, kebanggaan memakai produk mereka, gengsi dan gaya hidup. Mereka tidak serta merta membuat produk untuk sekedar menyaingi produk lain.

Tips untuk membuka usaha

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar bisnis yang dijalani tak sekadar bisa memberi tambahan penghasilan, tetapi juga bisa bertahan lama. Meski terbilang bisnis skala kecil, namun bukan berarti tak memerlukan strategi. Mulai dari menopang ekonomi keluarga, menambah penghasilan maupun untuk menyambung hidup akibat kehilangan pekerjaan. Dalam memulai bisnis baru, dibutuhkan perencanaan yang matang dan pemilihan tim yang tepat untuk bekerja sama. Tetapi Anda tidak boleh selalu menetapkan acuan permintaan ini untuk memulai usaha. Hal ini karena permintaan pasar selalu berkembang sehingga usaha Anda harus bisa mengikuti perkembangan yang Anda.

Memang bukan hanya modal saja yang dibutuhkan dari sebuah bisnis melainkan juga ide usaha yang akan menentukan jalannya bisnis dari start up yang dibangun. Sebelum mulai menghasilkan barang atau jasa untuk dipasarkan, cari tahu terlebih dahulu seperti apa goal pemasarannya. Jangan asal memasarkan produk tanpa mengetahui targetnya karena dapat menimbulkan pengeluaran yang sia-sia. Anda tentu tidak ingin memasarkan produk ke goal yang tidak tertarik atau tidak membutuhkan produk ataupun jasa Anda. Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.