10 Langkah Merintis Usaha Sendiri Dari Nol Dengan Modal Kecil

Oleh karena itu, Anda perlu membuat manajemen tim yang akan membantu Anda dalam mengatur usaha Anda. Posisi-posisi yang Anda perlukan untuk membuat manajemen tim seperti advertising, pengacara, akuntan, researcher. Selain itu rencana usaha juga bisa membantu Anda untuk menguji performa Anda dalam memulai usaha. Rencana usaha juga akan membantu Anda untuk mengatur dana keuangan yang dibutuhkan untuk memulai usaha.

Tips untuk membuka usaha

Lokasi yang ramai diyakini akan membuat usahamu cepat dikenal dan menarik banyak peminat. Pilih lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan tempat aktivitas masyarakat, kantor, sekolah, atau kampus. Setelah bisnis Anda jalan, jangan lupa untuk melakukan promosi produk atau jasa yang Anda jual.

Kamu akan membutuhkan jumlah uang yang berbeda untuk memulai dan menumbuhkan bisnismu. Banyak orang yang memulai bisnis, online maupun offline, sering mencampuradukkan pendapatan dalam satu rekening. Karena Anda tak bisa mengukur sudah seberapa jauh penghasilan yang didapat dari bisnis online ini.

Jangan bermain-main dengan urusan keuangan, kamu harus mengelola keuangan perusahaan dengan benar. Kesalahan perhitungan keuangan dapat berdampak buruk bagi usaha kamu yang bisa membuat kerugian bahkan bangkrut. Hitung setiap pemasukan dan pengeluaran dari usaha kamu dengan menggunakan software pembukuan di handphone atau laptop. Selalu lakukan juga pengecekan ulang terhadap nominal-nominal yang dituliskan pada proses pembukuan. Selain memilih usaha sesuai ardour, kamu juga harus mengetahui usaha yang ingin dijalani.

Dengan menggeluti bisnis ini, kita bisa saja mendapatkan keuntungan bersih Rp50 ribu – Rp300 ribu untuk setiap barang yang berhasil kita jual tergantung kepada kualitas dan kuantitas. Namun, menjual barang lebih murah dari lapak lain gak selamanya bakal mendatangkan banyak pembeli. Masih ada kok dan banyak malah yang mementingkan kualitas ketimbang murahnya harga. Intinya, kamu masih menjual dengan harga yang terbilang kompetitif.

Contohnya, jika Anda seseorang yang tertarik di bidang seni, Anda bisa mengawalinya dengan membuka jasa layanan desain atau mengerjakan proyek tertentu yang berkaitan dengan seni. Atau bisa juga kalau Anda memiliki bakat menyanyi, Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis Event Organizer untuk mengisi berbagai acara tertentu. Cara memulai bisnis tanpa modal itu terlalu indah untuk jadi kenyataan. Namun, bukan berarti untuk membangun bisnis Anda harus selalu mengeluarkan seluruh isi tabungan. Bukan berarti juga Anda tidak bisa membangun bisnis kalau tidak memiliki banyak uang. Kerja keras bertahun tahun untuk membangun usaha dari nol yang telah Anda kerahkan pun akan sia-sia.

Mungkin yang tersaji di blog ini masih sedikit, namun saya akan berusaha untuk menambah konten yang berkualitas. Harapannya bisa turut membantu siapa saja yang ingin mulai berbisnis online dan ingin mewujudkan impiannya melalu jalur bisnis on-line ini. Contohnya seperti produk-produk style, aksesoris HP dan komputer, gadget mobile, produk kerajinan yang unik dan banyak disukai oleh pasar, atau bisa yang lainnya.

Sebab seringnya pendapat terbaik tidak datang dari kacamata sendiri namun dari orang luar yang memperhatikan kita. Kamu harus pastikan bisnis yang sedang kamu kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Makanya kamu perlu menyimak apa yang Mamikos sampaikan untuk bisa memulai bisnis sendiri agar tidak merugi ini. Selain itu juga agar kamu tidak salah langkah saat merintis bisnis, maka kamu perlu untuk menerapkan ideas cara memulai bisnis sendiri rekomendasi Mamikos ini. Tapi agar usaha Anda tak hanya meledak sesaat, maka kualitas tentunya harus diperhatikan.

Terima kasih Kak,atas artikelnya…penjelasan dari awal sampai ke titik terakhirnya,sangat membantu sekali untuk saya yang baru belajar berbisnis online. Setelah Anda memutuskan produk apa yang mau Anda gunakan untuk memulai bisnis online. Maka dari itu sebelum Anda belajar tentang memulai bisnis online lebih jauh lagi, miliki dulu mindset yang benar tentang bisnis on-line.